Friday, January 17, 2014

CISA CISA CISA

hari ini mungkin hari yang spesial untuk Ruangan di kantor, bagaimana tidak ada 4 orang di ruangan kerja yang berhasil lulus CISA exam. Sebagian besar berkali-kali mengikuti exam tersebut, bahkan ada yang beberapa kali. Dari tahun ke tahun, ujian tahun 2013 lah yang berhasil. Kuncinya ada pada belajar serta diskusi secara intensif. Baiklah, berikut tips dan trik yang saya dapat dari blognya Aresto

Berani posting ini setelah positif lulus ujian CISA. Lega sekali rasanya begitu dapat pengumuman. Bukan apa-apa, yang paling bikin cemas kalo sampe gak lulus kan berarti duit n waktu yang udah dikorbanin jadi sia2. Dari pengalaman kemarin berikut beberapa tips persiapan yang dapat gue bagi untuk mereka yang berencana mengambil sertifikasi CISA:
Improve ur English. Walaupun ngga terkait langsung dengan materi ujian CISA, menurut gue faktor ini harus ditempatkan di poin pertama. Dari bukunya, latihan soal, sampai ujiannya semua menggunakan English. Ujian CISA terkenal dengan pertanyaan2nya yang menjebak dan membutuhkan pemahaman mendalam. Kalau masih belepotan di bahasa satu ini, dijamin kita akan kesulitan dalam mengerjakan ujian. Saran saya sih setidaknya penguasaan English kita sampai pada level reading comprehension yang cukup. Selain itu coba untuk familiar dengan vocabulary yang berhubungan dengan IT audit.
Fokus belajar ke satu sumber. Dulu waktu mulai belajar sempat kalap tuh ngumpulin berbagai buku dan software CISA. Tapi, setelah belajar beberapa minggu kok rasanya malah jadi gak fokus dan information overload. Saran gue fokuskan belajar loe di buku CISA Review Course dan software latihannya yang paling update. Target loe adalah minimal dua kali membaca seluruh materi buku dan mengerjakan semua soal di software latihannya. Nah kalau itu sudah beres, boleh deh nyari sumber lain untuk pengayaan.
Sediakan waktu khusus dan disiplin. Ini nasihat klasik sih, tapi entah kenapa orang paling susah ngikutinnya. Gue juga sebenernya gak disiplin2 amat, tapi memang dari awal sudah bikin target minimal tiap hari baca materi sejam, n ngerjain soal sejam. Manfaatkan waktu seoptimal mungking: buat study note, kerjakan soal DAN baca pembahasannya.
Gali pengalaman IT audit.Menurut gue salah satu faktor penting dalam menjawab ujian sertifikasi CISA adalah pengalaman IT audit. Banyak pertanyaan CISA membutuhkan judgement yang biasanya bersumber dari pengalaman kita dalam melakukan IT audit. Nah, sekarang bagaimana dengan mereka yang belum punya pengalaman IT audit ? Ada dua kemungkinan jawaban sih.Yang pertama, lebih baik ikut ujian sertifikasi lain yang sesuai dengan bidang loe. Bukan apa2, sayang aja kalo ikut ujian CISA cuma untuk iseng2 n kalaupun dapat nggak terpakai karena loe memang tidak bekerja di bidang itu. Jawaban kedua, pengalaman IT audit itu bisa coba digali dari orang yang sudah memiliki pengalaman IT audit. Untuk jawaban yang ini, saran gue adalah coba ikuti training sertifikasi CISA yang sekarang banyak diselenggarakan berbagai lembaga. Tapi, sebelum mendaftar coba pastikan apakah instruktur yang mengajar memang orang yang memiliki pengalaman IT Audit.
Oke, selamat belajar dan semoga sukses dengan ujian sertifikasi CISA

No comments:

Post a Comment